Piala AFF Diundur Tahun Depan

Posted on

 

Jakarta – Piala AFF 2020 diundur tahun kedepan. Pelaksana Pekerjaan (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi yang mengutarakan penangguhan acara pesta sepakbola beberapa negara Asia Tenggara itu.
Semestinya turnamen dua tahunan itu akan diadakan pada 23 November sampai 31 Desember 2020. Lokasi penyelenggaraan juga dirubah dengan Vietnam jadi tuan-rumah sebab rekonsilasi dengan situasi COVID-19.

Gagasan Vietnam jadi tuan-rumah sekaligus juga jadi alternatif pola lokasi penyelenggaraan awalnya. Pada Piala AFF edisi 2018, tiap team 2x mainkan dua laga kandang pada babak group.

Tetapi gagasan Vietnam jadi tuan-rumah kembali lagi diperhitungkan sesudah AFF mengadakan rapat genting pada, Senin (27/7/2020). Pilihan yang diambil AFF sesudah rapat itu ialah perpindahan penyelenggaraan ke tahun 2021.

Komite Genting AFF

akan kembali lagi mengadakan rapat untuk finalisasi ketetapan nasib Piala AFF. Yunus Nusi pastikan turnamen dipindahkan ke 2021, tetapi kejelasan waktu penyelenggaraan akan diambil di pertemuan genting setelah itu.

“Tempo hari (AFF) bertanya ke Indonesia (Piala AFF) geser ke Februari atau Maret (2021). Tetapi kami sedang persiapan Piala Dunia (U-20 2021) serta dekat sama Idul Fitri (12/13 Mei 2021),” kata Yunus Nusi pada wartawan, Rabu (29/7).

“Hingga tempo hari tanggal baru Piala AFF belum ditetapkan kapan, akan rapat kapan kurang lebih kapan saat yang cocok. Sebab saat ditawarkan ke Indonesia, dari PSSI jika pertama pilihan Februari-Maret mau puasa (12-13 April),” katanya memberikan tambahan.

“Yang ke-2 kami sedang konsentrasi persiapan Piala Dunia. Iya gagal, tetapi kapannya belum. Kelak dinyatakan tanggal 30 (Juli) rapat lagi,” tuturnya lagi.

Yunus Nusi menyebutkan PSSI tidak memberi saran kapan seharusnya penyelenggaraan Piala AFF diadakan. Dia pastikan akan ikuti apa sebagai ketetapan AFF.

Tetapi dengan ketentuan Piala AFF tidak bertabrakan dengan jadwal penting PSSI yaitu Piala Dunia U-20 2021 serta jangan bersamaan dengan Bulan Ramadan serta Idul Fitri.

“Belum tidak memberi pilihan, semua bergantung mereka. Apa sebelum atau sesudah Piala Dunia, terserah mereka,” papar pria yang Ketua Perkumpulan Propinsi (Asprov) PSSI Kalimantan Timur itu.

“Sebab mereka masih bicara dengan negara lain. Nantikan saja tanggal 30. Staf saya yang akan turut rapat kelak sebab saya ingin pulang kampung, lebaran (Idul Adha),” katanya akhiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *